n_ani

16 November 2007

Ditemukan Tata Surya Baru dengan Lima PLanet

Filed under: 1 — naniek @ 4:13 am

Sistem planet-planet yang terdiri dari sebuah bintang yang dikelilingi beberapa planet tidak hanya di tata surya kita. Para lmuan AS mengumumkan penemuan tata surya baru dengan lima planet yang mengelilingi sebuah bintang.

Iabarat saudara, karena sistem tata surya kita tak jauh berbeda hanya dihuni delapan planet.Penemuan ini menujnjukan bahwa sistem tata surya yang terdiri dari sebuah bintang yang dikelilingi planet-planet tidak hanya ada di sekitar kita namun mungkin banyak di temukan di berbagai sudut alam semesta.

Sedangkan empat planet lainnya sudah ditemukan sebelumnya dengan jalur orbit lebih dekat ke bintangnya. Planet yang orbitnya terdekat memiliki massa seperti Uranus dan mengelilingi bintangnya hanya dalam waktu kurang dari tiga hari dengan panjang lintasan orbit 5,1 juta kilometer. Planet keempat berada di orbit seperti Venus dan menghabiskanwaktu 260 hari untuk mengelilingi 55 Cancri.

Dengan situasi demikain, para astronom memprediksi objek-objek di sekitar planet kelima mungkin mendukung kehidupan. Geof Marcy, astronom di Universitas california berkeley, mengatakan jika terdapat bulan yang mengelilingi planet kelima ini, permukaanya seharusnya padat dan genangan air seperti danau dan laut  mungkin saja terbentuk. Kita tahu bahwa air adalah sumber kehidupan.

Namun, untuk mencari bulan di sekitar planet bukan hal gampang. Untuk mengamati planet itu saja, para astronom butuh waktu 18 tahun karena hanya dapat mendektesinay dari perubahan gejolak cahaya bintang saat planet melakukan transit atau melintas di antara Bumi dan bintangnya.

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan komentar

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.